7 Permainan Cerdas

7 permainan cerdas sengaja dirangkum ke dalam tulisan blog saya yang telah diupload ke youtube.com. Tujuh permainan mendidik ini bukan semata permainan biasa. Permainan unik sekali karena dalam permainan tersebut, peserta diajarkan cara bekerjasama, melatih kekompakan, melatih daya ingat, daya nalar, dan melatih kecerdasan secara cepat dan akurat.

Apa yang ada dibenak pikiran Anda jika ada kata Permainan Cerdas? Permainan Cerdas adalah sebuah permainan menghibur yang biasanya membutuhkan banyak peserta untuk dilibatkan dan mengasah otak dan pikiran. Tentunya bukan permainan digital atau permainan game yang bisa dilakukan oleh satu orang.


Permainan yang dimaksud adalah kegiatan yang dilakukan oleh suatu instansi tertentu atau kelompok tertentu untuk melatih kecerdasan baik emosional maupun kecerdasan spiritual para calon yang mau masuk atau diterima di kelompok tersebut.

Permainan cerdas ini bukan semata permainan, permainan unik yang telah direncanakan dan disiapkan untuk melatih kebersamaan, jiwa sosial tinggi, kecepatan, ketangkasan, dan kecerdasan. Berikut adalah tujuh permainan cerdas yang bisa dijadikan sumber referensi untuk kegiatan atau acara seperti lomba 17 Agustus-an, bakti sosial, peringatan ulang tahun lembaga/perusahaan, dll:
  1. Permainan Paku Botol (memasukan paku ke dalam botol). Permainan melatih kekompakan dan melatih kebersamaan, kategori permainan ini adalah permainan kelompok biasanya satu kelompok berjumlah lima orang, yang satu sebagai pemimpin bertugas mengarahkan dan memberikan informasi suara guna berkomunikasi dengan yang lain. Yang empat orang lainnya bertugas memasukan paku ke dalam botol sambil ditutup matanya.Permainan ini mengasah indera ketajaman indera pendengaran dan keterampilan merealisasikan informasi suara penunjuk arah yang memang harus dikerjakan secara bersama-sama tidak boleh sendiri.
  2. Permainan Gusur Kendaraan. Salah satu permainan cerdas mengasah kekompakan dan kebersamaan kelompok. Satu kelompok yang terdiri dari 12 orang atau lebih di beri satu kain terpal atau karpet berukuran 4x4, mereka harus menjalankan karpet tersebut tanpa ada yang boleh keluar satu orangpun dari kelompok tersebut. Permainan mengasah otak dan melatih kebersamaan, cocok dilaksanakan di tempat terbuka seperti Perkebunan, pegunungan, lapangan, dsb.
  3. Permainan Balap Sendok pake Kelereng. Biasanya permainan ini populer di kala 17 Agustusan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia. 
  4. Permainan Balap Karung. Permainan populer perayaan Hari Kemerdekaan Indonesia. Permainan Balap Karung sangat seru dan lucu. Permainan ini penuh dengan gelak tawa dan candaan.
  5. Permainan Sepak Bola Pakai Karung atau pakai Sarung. Permainan ini juga tak kalah lucunya apalagi kalau para pesertanya adalah perempuan, bisa bikin perut dikocok terus.
  6. Permainan Gebuk Bantal di atas Kolam Keruh. Permainan populer 17 Agustusan, biasanya di tengah kolam di pasang Bambu besar sebagai pijakan untuk permainan Gebuk Bantal ini. Siapa yang jatuh duluan itulah yang kalah.
  7. Permainan Panjat Pinang. Permainan panjat pohon pinang yang telah di lumuri oli di seluruh batang pohon. Biasanya hadiahnya di pasang diatas atau dipuncak pohon pinang. Permainan ini sistemnya berkelompok, dikasih waktu per kelompok beberapa menit, barang siapa yang bisa menyentuh bendera di puncak pohon pinang, itu yang akan membawa pulang hadiah panjat pinang.
Demikian ke-7 Permainan Cerdas yang saya informasikan kepada anda, semoga bermanfaat dan menjadi salah satu ide anda dalam memeriahkan HUT RI 17 Agustus 1945. Salam Rumah Cerdas.

Daftar Artikel Terkait :

No comments:

Post a Comment