Juara Olimpiade Nasional Indonesia Cerdas Season 2

Siapa yang enggak kenal Ajang Olimpiade Nasional Indonesia Cerdas, salah satu ajang lomba kecerdasan, mental, dan emosional yang dikonsep oleh salah satu stasiun televisi swasta Rajawali Televisi. Perjalanan OIC pada hari ini telah sampai ke babak Semifinal Season 2. Yang berlaga di Semifinal OIC Season 2 kali ini adalah SMAN 4 Bandung, SMAN 1 Klaten, SMAN 61 Jakarta, SMAK 7 BPK Penabur, SMA Kolese Kanisius Jakarta, dan The Super Six SMAN 6 Bogor.



Babak Semifinal Pertama yang mempertandingkan SMAN 4 Bandung, SMAN 1 Klaten, Dan SMAN 61 Jakarta memang sangat seru. Di ronde pertama Hasil akhir SMAN 61 Leading dengan 320 Poin disusul oleh SMAN 1 Klaten 285 poin, dan SMAN 4 Bandung 275 Poin. SMAN 4 Bandung pun agak sedikit keteteran melawan para peserta Semifinal OIC terutama dari SMAN 61 Jakarta yang dikomandoi oleh Taris Sang Maestro Biologi.

Di Ronde kedua pertandingan Semifinal 1, SMAN 4 Bandung bermain lepas dan sepertinya menerima kekalahan di ronde 1. Namun, asa masih ada ketika masuk di Game Kotak Katik Ronde 2, SMAN 61 Jakarta meraih Nol, sementara SMAN 4 Bandung meraih 130 Poin dan SMAN 1 Klaten Minus 50 Poin. Hasil akumulasi nilai di Ronde 1 dan 2 memutuskan bahwa SMAN 4 Bandung berhak lolos ke Grandfinal dengan 445 poin selisih 35 poin dengan SMAN 61 Jakarta.

Namun bagaimana dengan SMAN 61 Jakarta, mereka berharap masuk babak Playoff asal salah satu tim di Semifinal 2 yang mempertandingkan SMAK 7 BPK Penabur Jakarta, SMA Kolese Kanisius, dan SMAN 6 Bogor nilainya dibawah SMAN 61 Jakarta.

Di semifinal 2 Ronde pertama, SMAK 7 BPK Penabur berhasil meraih poin cukup besar 445 poin disusul Kanisius 325 poin. SMAK 7 BPK Penabur sepertinya cukup berpeluang besar lolos ke Babak Grandfinal OIC Season 2 bersanding dengan SMAN 4 Bandung. Sekolah manakah yang akan menjadi juara OIC Season 2 Rajawali Televisi, apakah SMAN 4 Bandung atau SMAK 7BPK Penabur Jakarta, kita lihat saja nanti.

Yang menjadi Juara OIC Season 2 akan mendapatkan Piala Bergilir dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan RI (KEMDIKBUD) dan berhak mendapat hadiah ratusan juta rupiah.

Babak Grandfinal Olimpiade Indonesia Cerdas Season 2 telah dilaksanakan hari Kamis dan Jumat 23 dan 24 April 2015. Di ronde Pertama Babak Grandfinal hari Kamis, hasil akumulasi Poin dimenangkan Kanisius dengan 460 Poin disusul SMAK 7 BPK Penabur Jakarta 345 Poin dan 325 diraih SMAN 4 Bandung. SMAN 4 Bandung tertinggal cukup jauh.

Namun, Ronde kedua Babak Grandfinal berkata lain, Kanisius yang memiliki mental Juara, tim yang digawang Bimo, WIdi, dan Leon memang sangat santai dan seperti tidak punya Beban, Target Kanisius memang sudah terlampaui, mereka menargetkan lolos ke Semifinal. Di ronde kedua, Kanisius meradang, yang berjaya di Ronde kedua adalah SMAN 4 Bandung.

SMAN 4 Bandung seperti mengulang Babak Semifinal sebelumnya yang berhasil membalikan keadaan di Ronde kedua dan itu terjadi lagi di babak Grandfinal kali ini. Rifal Julian, Andrian, dan Diah berhasil membawa Piala Bergilir Mendikbud ke Bandung. Mereka berhasil meraih poin 637 disusul Kanisius di tempat kedua dengan 577 Poin dan Juara ketiga tentunya SMA 7 BPK Penabur Jakarta dengan 571 Poin.

Selamat buat SMA Negeri 4 Bandung yang mendapat titel Juara Olimpiade Nasional Indonesia Cerdas Season 2 kali ini. Bukan saja untuk SMAN 4 Bandung, Piala ini adalah Piala kedua setelah Persib Bandung Juara ISL, Kang Emil pasti bangga karena cita-cita Menuju Bandung Juara seakan lebih lengkap dengan hadirnya Piala OIC di Bandung, semoga di Tahun mendatang, sekolah-sekolah dari Bandung bisa mempertahankan Piala Bergilir tersebut. Bukan berarti saya menrendahkan kota-kota lainnya.

Bagi Bandung, harus punya persiapan matang ke depan, karena sekolah-sekolah di kota-kota lain pasti akan belajar dari hari ini. Mereka tentunya akan menjadi pesaing tangguh dan memiliki mental kuat untuk mengahadapi OIC Season 3 selanjutnya. Kanisius dan SMAK 7 BPK Penabur adalah contoh sekolah yang sangat kuat dan cepat dalam menyelesaikan soal-soal Matematika, Kimia, dan Fisika. So be aware for The Next Episode..

No comments:

Post a Comment