Tips Sukses Lulus Ujian

Ujian Nasional merupakan ajang pembuktian kemampuan siswa dalam menyerap berbagai pelajaran di sekolah. Ada yang bilang senang sekali Ujian Nasional tidak menjadi tolak ukur utama dalam menentukan kelulusan siswa. Namun, ada juga yang bilang “enggak seru kalau enggak ada UN! Belajar pun jadi biasa saja enggak ada tantangannya.”

Menurut saya, UN atau Ujian Nasional adalah tolak ukur sejauh mana pengetahuan siswa terhadap hal-hal yang telah dia pelajari sebelumnya. Ujian Nasional adalah tes kesiapan, tes kecerdasan, dan tes mental para siswa dalam memasuki dunia perguruan tinggi, dunia kerja, dunia kedinasan, dan dunia luar yang memerlukan kemampuan kecerdasan dan mental yang kuat.

Tahapan pertama dalam memasuki dunia perguruan tinggi yang nantinya calon mahasiswa akan memasuki tes SBMPTN atau SMPTN/ SPMB adalah ada di Ujian Nasional. Saya yakin, soal-soal di Ujian Nasional tidak jauh berbeda dengan soal-soal yang ada di tes masuk perguruan tinggi negeri dan kedinasan.

Berikut adalah beberapa tips sederhana untuk meraih kesuksesan di UN maupun di SMPTN atau Sekolah kedinasan lainnya:

  1. Kalau biasanya para siswa mulai serius menekuni UN di kelas XII, sebaiknya kita harus memiliki kesiapan sejak dini, dengan mempelajari latihan-latihan soal UN sejak dari kelas X, dalam arti kita pun sudah seribu langkah lebih jauh dari teman-teman sebaya kita.
  2. Seribu langkah bahkan sejuta langkah lebih jauh apabila kita sedari kelas x sudah mau menentukan apa tujuan ke depan, mau sekolah dimana, dan memiliki beberapa pilihan masuk ke PTN atau sekolah kedinasan, tentunya dengan sesering mungkin mencari-cari informasi di media internet.
  3. Atur waktu sejak dini (Manajemen Waktu). Kalau misalnya kita akan menempuh UN di tahun 2019 nanti, ada baiknya kita mempelajari latihan soal-soal UN sepuluh tahun ke belakang dari 2008-2018, sehingga ketika kita masuk kelas XII, kita sudah terbiasa dengan soal-soal tersebut.  Apakah akan menyita waktu? Tentu tidak, kalau kita mau bersungguh-sungguh, sejak dari kelas X, kita cuman butuh waktu dua jam seminggu untuk mempelajari soal-soal UN, percaya atau tidak? Hitung aja sendiri. Kita boleh facebook-an sepuasnya, sms-an sesuka mungkin, namun, untuk mempelajari soal UN/SMPTN, ternyata kita cuman butuh waktu 2 Jam/Minggu.
  4. Banyak beribadah shalat sunat, kalau shalat wajib sudah kita lakukan, ada baiknya kita tambah dengan shalat sunat, puasa senin kamis, apabila kita sudah semaksimal mungkin mempelajari soal-soal tersebut. Kalau hanya ibadah saja itu tidak mungkin, tapi kalau kita belajar maksimal dan dilengkapi dengan ibadah yang sungguh-sungguh, kita pun akan lebih tenang dan menatap UN/SMPTN lebih percaya diri.
  5. Jangan hanya fokus ke satu tujuan, Kalau ada 10 tujuan, ikuti semuanya, karena kita tidak tahu nasib dan rejeki kita dimana. Kalau hanya satu, terus kita gagal, masih ada pilihan lain, kalau gagal semuanya, mungkin kita belum maksimal belajarnya. Evaluasi diri dan kemudian bangkit di tahun selanjutnya.
  6. Restu orangtua biasanya mumpuni dan mujarab, karena restu orangtua adalah sama dengan restu Alloh. Biasakan kita meminta doa kepada Alloh supaya dilancarkan melalui kedua orangtua kita.
  7. Tonton OIC di rtv, karena kalau tidak salah menurut Teh Nirina Jubir (Boleh dikomen) yang mengeset atau menyusun soal-soal OIC (Olimpiade Indonesia Cerdas) adalah para pakar pendidikan yang sudah terbiasa menyusun soal-soal Ujian Nasional.


Nah, kalau Anda sudah paham, tanamkan tekad yang kuat, keyakinan yang kuat, dan konsistensi. Karena konsistensi kitalah yang akan menentukan langkah kita di masa datang. Semoga sukses


No comments:

Post a Comment