Pertanyaan Seputar Ibadah Puasa

Pertanyaan seputar ibadah puasa dihadirkan untuk anda yang ingin berbagi rejeki kepada anak cucu kita, namun, mereka harus menjawab dengan benar pertanyaan di bawah ini. Selain sebagai contoh, juga diharapkan anak-anak kita menjadi tahu apa sih hal-hal yang terkandung dalam ibadah shaum itu.

Ibadah puasa atau shaum adalah salah satu ibadah wajib bagi umat Islam selain Shalat Lima Waktu. Ibadah shaum dilaksanakan setahun sekali di bulan ramadhan dan merupakan perintah langsung dari Alloh swt dalam Surat Albaqaraah ayat 183. Berikut adalah beberapa pertanyaan seputar ibadah puasa:



  1. Setiap orang yang beriman diwajibkan untuk melaksanakan ibadah shaum sebagaimana shaum ini telah diwajibkan kepada umat sebelum umat nabi Muhammad SAW, mudah-mudahan dengan melaksanakan shaum ini  akan  menjadi orang yang bertaqwa. Perintah melaksanakan shaum ini dimuat dalam salah satu ayat dalam Al Quran. Sebutkan nama surat yang dimaksud dan ayat ke berapa?
  2. Dalam melaksanakan ibadah shaum, Rasulullah SAW mencontoh-kan makan yang dilakukan pada saat menjelang fajar atau sebelum adzan shubuh dengan niat untuk melaksanakan ibadah shaum. Apa istilah makan yang dilakukan orang mumin untuk mengawali ibadah shaum tersebut?
  3. Pada Quran Surat Al Baqarah ayat 184 disebutkan ada dua golongan yang diperbolehkan meninggalkan ibadah shaum, yakni orang yang sakit dan orang yang berada dalam suatu perjalanan.  Apa Istilah dalam bahasa Al Quran untuk kedua golongan yang dimaksud?
  4. Setiap orang yang beriman memang diwajibkan untuk melaksanakan shaum Ramadhan, namun untuk kondisi tertentu justru Allah SWT memerintahkan untuk meninggalkan shaum karena hal itu tergolong perbuatan yang haram. Kondisi yang dimaksud adalah ketika orang sedang haid dan orang yang baru melahirkan hingga empat puluh hari setelahnya. Apa istilah yang digunakan untuk orang yang baru melahirkan tersebut?
  5. Tidak semua orang mumin yang melaksanakan shaum mendapatkan pahala shaum, justru imbalan yang diterima cuma lapar dan haus saja. Di antara penyebabnya karena dia tidak dapat mengendalikan lidahnya, sehingga dari mulutnya keluar perkataan jorok, dan perkataan yang menyakitkan orang lain.  Apa istilah yang digunakan ntuk menyatakan hal tersebut?
  6. Ketika terbenam matahari berkumandanglah adzan maghrib yang berarti selesailah ibadah shaum. Rasulullah SAW memberikan contoh menyegerakan buka shaum dengan minum air putih atau makan kecil seperti korma. Apa nama istilah untuk membatalkan shaum di waktu adzan maghrib?
  7. Banyak peristiwa yang terjadi pada bulan suci Ramadhan, salah satunya adalah malam istimewa yang difirmankan Allah SWT lebih baik dari 1000 bulan. Oleh karena itu, berbahagialah orang mumin yang banyak melakukan aktivitas ibadah pada malam tersebut. Apa nama malam istimewa tersebut?
  8. Untuk menambah nilai tambah terhadap ibadah shaum, maka menjelang akhir ramadhan pada sepuluh hari terakhir ramadhan, Rasulullah SAW memberikan contoh tinggal di masjid melakukan berbagai aktivitas keagamaan, tanpa ke luar masjid kecuali melakukan hal-hal tertentu.  Apa nama aktivitas dia di masjid pada 10 hari terakhir bulan suci Ramadhan?
  9. Sebelum mengakhiri ibadah shaum, setiap muslim yang mampu secara ekonomi diwajibkan untuk mengeluarkan zakat fithrah. Apa istilah bagi orang yang mengeluarkan zakat?  
  10. Agar penyelengaraan ibadah zakat fithrah berjalan sesuai dengan syariat, maka ibadah ini dikelola oleh sekelompok orang yang bertugas untuk mengambil, menerima titipan, mencatat hingga mendistribusikan zakat kepada orang yang berhak menerimanya. Disebut dengan istilah apa kelompok orang yang ditugaskan untuk mengelola zakat?
  11. Amil zakat memiliki amanah yakni  mendistribusikan zakat kepada orang yang berhak menerimanya atau dengan kata lain dan menjamin zakat itu sampai kepada asnap yang berhak mendapat- kannya. Apa istilah yang digunakan untuk orang yang berhak menerima zakat?
  12. Selain shaum ramadhan masih ada shaum wajib lainnya, salah satunya adalah shaum yang dilakukan karena seorang muslim memiliki sebuah niat melakukan shaum ketika harapannya telah terkabul. Apa nama shaum yang dimaksud?  
  13. Shaum pada dua hari raya  hukumnya haram, begitu pula shaum pada tiga hari setelah hari raya Iedul Adha. Apa nama tiga hari setelah hari Iedul Adha?

Pertanyaan seputar Ibadah puasa ini sangat mudah dan pasti umat muslim Indonesia pandai-pandai. Siapa tahu anak didik kita bertambah wawasan keilmuannya dengan pertanyaan diatas.


No comments:

Post a Comment