Doa Niat Puasa Ramadhan Dan Terjemahannya

Segala sesuatu perbuatan baik itu harus diawali dengan niat yang tulus ikhlas karena Alloh swt. Setiap akan melakukan sesuatu yang baik dalam Islam pasti ada doanya. Mau pergi keluar rumah ada doa, mau makan ada doanya, mau ke kamar mandi ada doanya, perbuatan apapun yang kita kerjakan ada doanya seperti doa niat puasa ramadhan agar kita selalu fokus, sabar, dan selalu semangat terhadap pekerjaan dan ibadah yang senantiasa diridoi oleh Sang Maha Pencipta.

Termasuk ibadah puasa di bulan suci ramadhan. Bulan puasa adalah bulan penuh berkah dan ampunan, bulan dimana umat Islam diwajibkan melaksanakan puasa di siang hari dan berbuka puasa di malam hari. Ibadah puasa adalah salah satu perintah Alloh yang telah termaktub dalam Alquran surat Albaqarah ayat 183:
Wahai orang-orang yang beriman telah diwajibkan atas kamu berpuasa di bulan ramadhan sebagaimana telah diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu menjadi golongan orang-orang yang bertaqwa.
Ibadah puasa selama 30 hari harus kita awali dengan niat kita untuk melaksanakan salah satu kewajiban sebagai hamba Alloh swt. Ada doa niat puasa ramadhan yang telah diwahyukan oleh Baginda Nabi Muhammad saw kepada seluruh umat islam di penjuru dunia.



Doa niat puasa adalah doa untuk meneguhkan hati dan keyakinan kita baik secara lisan atau pun diucapkan di dalam hati agar puasa kita selalu disertai dengan kejernihan pikiran dan kebersihan hati sehinggan tidak terjerumus ke dalam hawa nafsu setan yang selalu menggoda kita untuk menjauhi ajaran agama Alloh swt.

Doa niat puasa ramadhan adalah permohonan umat Islam yang akan melaksanakan ibadah puasa baik diucapkan di malam hari atau pun menjelang sahur sebelum terbit fajar atau masuknya waktu shalat subuh. Sebuah permohonan agar senantiasa puasa yang kita jalani mendapat manfaat puasa, berkah, ampunan, kesabaran, dan perlindungan dari Alloh swt.

Adapaun doa niat puasa ramadhan adalah sebagai berikut:

Terjemahan doa disamping adalah:
Aku niatkan berpuasa di esok hari untuk melaksanakan kewajiban di bulan ramadhan tahun ini semata-mata hanya karena Alloh swt.

No comments:

Post a Comment