Contoh Proposal Camping Pendidikan Dasar

Contoh proposal CPD atau Camping Pendidikan Dasar kami sajikan kepada anda yang sedang mencari ide atau tema kegiatan siswa di luar sekolah. CPD adalah salah satu kegiatan non-formal di luar sekolah bertujuan untuk menggali potensi siswa, membina kedisiplinan, melatih kerjasama kebersamaan, dan mengenalkan lingkungan sekitar kita.

Proposal CPD dibuat dengan tema kegiatan "Lingkungan Sahabat Kita" dalam hal ini kita harus menghargai lingkungan dan berbagai elemen pendukung lingkungan agar tercipta suasana lingkungan yang nyaman, sejuk, dan hijau. Para calon peserta didik diharapkan setelah melaksanakan kegiatan Camping Pendidikan Dasar ini dapat lebih peka dan menghargai alam dan lingkungan sekitar dengan:

  1. Tidak membuang sampah sembarangan
  2. Bisa menghemat sumber daya air (tidak berlebihan menggunakan air)
  3. Menanam benih pohon produktif di halaman rumah atau di lingkungan sekitar agar lingkungan tetap terpelihara
  4. Lebih menghargai semua mahluk ciptaan Tuhan YME


Berikut adalah gambaran umum proposal CPD atau kegiatan Camping Pendidikan Dasar OSIS SMA dan SMK Almarwah Kabupaten Bandung:

Latar Belakang,


Camping Pendidikan Dasar yang akan diselenggarakan oleh Osis SMA dan SMK Almarwah  merupakan salah satu agenda tahunan Osis untuk membina para calon peserta didik di bawah naungan Yayasan Almarwah, dilakukan dalam bentuk kegiatan outbond yang menarik dan tidak berbau kekerasan.

Tema kegiatan Camping Pendidikan Dasar 2014 adalah ‘Lingkungan Sahabat Kita’, mudah-mudahan dengan tema tersebut diatas Para calon peserta didik lebih bisa peka terhadap lingkungan, lebih menghargai alam, udara, pepohonan, dan air di sekitar kita. Semua elemen diatas harus kita perhatikan, tanpa salah satu elemen pendukung lingkungan diatas, maka lingkungan kita akan rusak. Peka terhadap lingkungan adalah tugas kita semua sebagai mahluk Tuhan yang seharusnya bisa menjaga, merawat, dan menghargai alam lingkungan kita.

Osis Almarwah mengadakan kegiatan Camping Pendidikan Dasar ini pada hakekatnya untuk:

  1. Mengenalkan  berbagai kegiatan ekskul yang ada di sekolah Almarwah seperti Pramuka, Paskibra, Nampon, Tifan Pokhan, dsb.
  2. Melatih kebersamaan dan kerjasama antara sesama peserta CPD agar ketika mereka terjun ke dunia pendidikan, para calon siswa dapat memiliki kepekaan sosial, peduli lingkungan, dan mau bekerja secara bersama-sama lewat beberapa games atau permainan yang disetting panitia CPD.
  3. Melatih kedisiplinan calon siswa agar ketika mereka sudah menjadi siswa Almarwah, mereka lebih disiplin dan menjadi siswa yang memiliki mental dan karakter yang kuat dan menjadi teladan di kelasnya.
  4. Mengenalkan alam dan lingkungan luar sekolah.

Tugas Pembina mengusahakan agar kegiatan-kegiatan yang dibuat, dilaksanakan dengan banyak praktek, games, tidak berbau kekerasan, dan disesuaikan dengan perkembangan rohani dan jasmani para calon peserta didik sehingga tidak membosankan.

Sehubungan dengan itu maka Osis Almarwah bermaksud mengadakan Kegiatan Camping Pendidikan Dasar ( CPD ) tahun 2014.

Dasar Pemikiran


  1. UU RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional
  2. Kepmendikbud No. 0461/U/1981, Tentang Pembinaan Kesiswaan
  3. Keputusan Dirjen Dikdamen No. 226/C/Kep/O/1992, Tentang pedoman pembinaan kesiswaan
  4. Program Kerja Osis SMA dan SMK Almarwah
  5. Rapat Panitia Osis Tahunan

Maksud dan tujuan


a. Memberikan pengalaman kegiatan kepada calon peserta didik di SMA dan SMK Almarwah
b. Merealisasikan program tahunan OSIS SMA dan SMK Almarwah
c. Melatih kedisiplinan, kerjasama, kepedulian sosial, dan kepekaan lingkungan

Sasaran

Sasaran yang ingin dicapai adalah membina calon peserta didik menjadi siswa yang berkarakter, berakhlakul karimah, dan memiliki kepekaan terhadap lingkungan di sekitar mereka.

Tema Kegiatan

Tema kegiatan Camping Pendidikan Dasar Tahun 2014 adalah “Lingkungan Sahabat Kita”

2 comments:

  1. Pak, contoh Laporan Prakerin teu aya pak ? hehe :D Request ah

    ReplyDelete