Sistem Pendidikan M.Ts Almarwah

Tugas mencerdaskan kehidupan bangsa bukan hanya tugas pemerintah saja, kita semua berkewajiban untuk membimbing dan memberikan ilmu yang bermanfaat untuk anak, keluarga, teman, maupun saudara. Sistem Pendidikan di Indonesia memang masih belum menyentuh seluruh keluarga miskin dan tidak mampu, sehingga banyak dari anak didik kita yang hanya memiliki ijazah SD dan tidak berniat melanjutkan ke tingkat sekolah yang lebih tinggi.

Faktor yang memang memiliki dampak signifikan adalah faktor ekonomi dan keadaan masyarakat. Faktor biaya pendidikan tinggi selalu menjadi hambatan utama dalam dunia pendidikan Indonesia.



Tugas inilah yang melecut Yayasan Almarwah untuk membuat dan mengemas suatu pendidikan yang terjangkau dengan bebas biaya masuk dan biaya iuran selama sekolah tiga tahun. Mudah-mudahan dengan Sistem Pendidikan baru bisa meraup dan merangkul banyak anak di lingkungan kita yang mau melanjutkan ke tingkat SMP/M.Ts.

Setiap orang tua berharap anaknya soleh dan sholehah, untuk merealisasikannya orang tua memasukan anaknya ke sekolah-sekolah yang dipandang dapat mewujudkan harapan dan keinginan para orang tua.

Namun dalam kenyataan terkadang kita menyaksikan anak remaja usia SMP/MTs terpengaruh pergaulan kurang sehat, bobot pendidikan minim keagamaan, perilaku anak yang menyimpang akibatnya harapan itu buyar ditengah jalan.

Mengantisipasi hal-hal yang tidak diharapkan orang tua, kami mengajukan sebuah solusi kongkrit dengan mengemas pendidikan yang berorientasi kepada perubahan perilaku ke arah yang elegan dan berakhlaqul karimah.

Untuk itu, kami mencoba mengemas suatu Sistem Pendidikan untuk menjawab tantangan dan harapan para orang tua. Yayasan Almarwah membuka lembaga pendidikan Madrasah Tsanawiyah dengan dengan kompetensi sebagai berikut :

  1. Kompetensi yang handal untuk bekal memasuki SLTA (SMA, SMK, Aliyah, dan Mualimin)
  2. Kompetensi Lagu dan hapalan  Alquran dengan kaidah handal dalam membaca Alquran
  3. Kompetensi berbahasa inggris secara aktif melalui kegiatan conversation secara rutin.
  4. Kompetensi dasar untuk membaca kitab kuning melalui efektifitas pemberdayaan Nahwu Shorof
  5. Kompetensi pelaksanaan ibadah melalui shalat berjamaah



Sistem pendidikan dengan berbagai kompetensi yang dikembangkan dan diterapkan di M.Ts Almarwah ini diharapkan mampu untuk mewujudkan harapan dan keinginan para orang tua peserta didik dan mampu menghasilkan lulusan yang memiliki daya saing untuk memasuki jenjang pendidikan yang lebih tinggi.


No comments:

Post a Comment