Perkuat Sistem Pendidikan Indonesia

Bangsa yang kuat dan maju ditandai dengan tingginya kualitas dan produktivitas masyarakat. Tingginya kualitas sumber daya manusia akan memiliki daya saing dan daya tawar yang tinggi terhadap bangsa lain. Semua negara di dunia ini bercita-cita ingin mewujudkan diri menjadi bangsa yang maju, tidak terkecuali bangsa Indonesia.

Konsep paling dasar dalam meningkatkan kualitas hidup suatu bangsa adalah perkuat sistem pendidikan dan pola keimanan. Allah SWT pun telah mewahyukan di dalam kitab serta menjamin jika dua aspek tersebut dilaksanakan dengan baik dan benar maka derajat dan taraf hidup bangsa akan meningkat.



Sebagaimana terjemahan firman Allah SWT dalam Alquran surat Al-Mujaadilah ayat 11 yang berbunyi :
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", Maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", Maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. dan Allah Maha mengetahui apa yang kamu kerjakan”.
Menyadari betapa pentingnya menimba ilmu, nabi Muhammad SAW telah bersabda,” Menuntut ilmu adalah kewajiban bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan”. Tidak jauh berbeda disampaikan pula oleh para founding father kita yang dituangkan dalam rumusan empat tujuan negara Indonesia sebagaimana termaktub dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu bahwa salah satu tujuan negara yang dimaksud adalah mencerdaskan kehidupan bangsa.

Bangsa yang cerdas adalah bangsa yang menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Penguasaan IPTEK tidak serta merta diperoleh oleh setiap mahluk di muka bumi, akan tetapi harus dicapai melalui proses tertentu yang sering kita sebut dengan pendidikan.

Dalam batang tubuh  UUD 1945 menjelaskan betapa sangat pentingnya sistem pendidikan bagi semua manusia di muka bumi yang tertuang dalam Pasal 28B Ayat (1) menyatakan bahwa setiap orang berhak mengembangkan diri melalui pemenuhan kebutuhan dasarnya, setiap warga negara berhak mendapatkan pendidikan yang layak, dan berhak mendapatkan manfaat serta faedah dari ilmu pengetahuan dan teknologi, seni budaya demi meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan umat manusia.

Dan juga pasal 31 Ayat (1) yang menyatakan bahwa setiap warga negara berhak mendapat pendidikan yang layak.

Pada hakikatnya, sistem pendidikan merupakan proses sistematis dan metode pembelajaran secara terukur untuk meningkatkan martabat hidup manusia secara holistik. Sistem pendidikan sudah seharusnya menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu suatu bangsa sehingga cita-cita dalam membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat terwujud.

No comments:

Post a Comment