Esensi, Nilai, Ruh Ibadah Puasa

Piala Dunia 2014 tontonan menarik saat menunggu sahur. Perhelatan sepak bola paling akbar di dunia ini bertepatan dengan datangnya bulan suci ramadhan 1435 H. Ketika kita disuguhkan pertandingan-pertandingan sepak bola kelas dunia mudah-mudahan kita pun lebih bersemangat lagi dalam menjalankan ibadah puasa yang akan jatuh tanggal 28/29 Juni 2014 menunggu keputusan sidang dewan Isbat tanggal 27/28 Juni nanti.

Keputusan sidang Isbat pada hari Jumat nanti tanggal 27 Juni tidak akan disiarkan langsung secara live di stasiun televisi menurut salah satu berita. Namun, setelah sidang isbat akan dilangsungkan konferensi pers mengenai hasil keputusan sidang dewan isbat. Apapun hasilnya, tentu keputusan sidang dewan isbat harus dijadikan patokan semua umat muslim di Indonesia karena mereka adalah pemimpin atau ulil amri.



Akan tetapi, itu semua kembali kepada diri umat muslim dan karena Islam pun banyak perbedaan golongan dan aliran tentu kita pun harus menghargai semua perbedaan mengenai perdebatan tentang penetapan awal waktu puasa. Yang pasti, esensi, nilai, atau ruh ibadah puasa itulah yang harus kita tanamkan dan manfaatkan sebaik mungkin.

Nilai penting dari ibadah puasa itu adalah Taqwa, melaksanakan dengan segenap hati dan seluruh jiwa raga untuk beribadah puasa karena Alloh swt. Esensi puasa itu adalah menahan diri, sabar, dan takut kepada Azab Alloh swt. Dan ruh dari ibadah puasa itu adalah syiar puasa, banyak dari umat muslim tidak merasakan keindahan, keberkahan, dan manisnya suasana bulan ramadhan.

Jika kita tidak merasakan indahnya bulan suci maka sebetulnya hati kita sudah menjauh dari berkah Alloh swt. Apa yang perlu diperbaiki? Perbaiki akhlak, perbaiki amal, banyak mengaji dan mendalami alquran selama bulan suci ramadhan maka insyaalloh, ruh puasa itu akan sangat terasa sampai ke ulu hati dan pikiran kita.

Indahnya bulan puasa memang hanya bisa dirasakan oleh orang atau umat muslim yang tahu nilai penting dari ibadah puasa, esensi dari bulan suci ramadhan, dan ruh puasa. Jika kita bisa mensinergiskan ketiga hal penting diatas mudah-mudahan kita termasuk manusia yang sangat beruntung di muka bumi ini. Amiin..

No comments:

Post a Comment