Tips Gemar Membaca

Tips gemar membaca buku akan dijelaskan pada tulisan kali ini untuk Anda yang mau belajar, berfikir, dan mau sukses dikemudian hari. Tips gemar membaca ditulis oleh salah satu sahabat terbaik saya untuk sekedar menambah inspirasi dan menambah semangat blue engine Anda. Semangat membaca dan mengaji harus dipupuk dari sejak dini meskipun harga BBM kembali naik.




Kegemaran membaca buku biasanya tumbuh seiring dengan perkembangan kognitif otak. Dimulai ketika kita memiliki kemampuan membaca rangkaian kata, frase, dan kalimat yang direperesentasikan dalam bentuk karakter huruf dan angka. Akan tetapi ini tidak berarti bahwa setiap orang yang terampil membaca adalah juga penggemar-penggemar buku.

Membaca buku memang sangat mengasyikkan. Semakin banyak dan variatif buku yang kita baca, maka akan semakin luas dan beraneka pula wawasan yang kita miliki. Saya haqqul yaqin, tidak ada seorang pun yang meraih gelar profesor tanpa disertai kebiasaan mereka membaca karya-karya orang lain.

Sebuah pepatah mengatakan bahwa yang membedakan kita saat ini dengan kita di masa datang adalah buku dan orang-orang yang ada di sekeliling kita. Pentingnya buku dalam kehidupan kita memang tidak perlu didebatkan.

Lalu, setelah membaca buku, apa yang sebaiknya kita lakukan?

Berdasarkan atas apa yang saya amati dan biasakan, paling tidak ada lima hal penting yang dapat kita lakukan setiap kali selesai menikmati sebuah buku agar kita mendapatkan manfaat sebesar-besarnya dari karya yang disebut sebagai 'jendela dunia' ini.

Menceritakannya

Awali dengan menceritakannya kepada orang lain. Teman, kakak, adik, guru, ayah, ibu, atau siapa pun yang menurut Anda layak untuk diceritai apa yang telah Anda baca.

Dengan menceritakannya, kita berarti memperkuat jaringan-jaringan database otak. Semakin sering Anda menceritakannya, semakin besar pula kesempatan Anda mengingat semua informasi yang ada dalam bukut tersebut.

Membuat Catatan

Tentu saja tidak semua informasi yang disajikan dalam sebuah buku harus dipercayai 100% dan penting bagi kita.

Untuk bagian-bagian yang kita anggap penting sebaiknya dibuatkan catatannya tersendiri. Bagain-bagian penting ini biasanya kita temukan pada keunikan serta orisinalitas buah pikiran si penulis terkait dengan topik yang diangkatnya.

Membuat catatan ini sama artinya dengan membuat peta yang akan memudahkan kita saat menelusuri buku tersebut di kemudian hari.

Membaca Ulang

Cara terbaik untuk mengambil manfaat dari sebuah buku, selain membuat catatan, adalah dengan membacanya berulang kali.

Kita tidak harus secara langsung mengulangi bacaannya, tepat setelah menyelesaikannya. Membuat jeda beberapa hari atau minggu mungkin akan lebih baik.

Biarkan informasi-informasi dari buku tersebut menyerap terlebih dulu ke dalam benak kita, berbaur dengan informasi-informasi lain yang telah ada sebelumnya.

Dalam waktu jeda tersebut, sangat mungkin kita memperoleh wawasan-wawasan atau pengalaman-pengalaman baru yang bisa digunakan pada saat buku tersebut dibaca ulang.

Pada bacaan kedua, ketiga, dan seterusnya ini bisa jadi kita mendapatkan kesan yang jauh berbeda dari yang kita rasakan pertama kali.

Membuat Resensi

Pada bagian ini kita tidak semata-mata menggarisbawahi dan mencatat poin-poin penting dari sebuah buku seperti pada bagian kedua. Tapi secara aktif kita memberikan opini, pertimbangan, serta kesan-kesan terkait dengan isi buku yang kita baca.

Tujuan dari kegiatan—yang juga disebut sebagai meresensi—ini adalah untuk memberikan penilaian layak tidaknya buku tersebut dibaca menurut sudut pandang kita.

Merayakan

Membaca buku adalah kegiatan yang membutuhkan waktu, konsentrasi, kesabaran, bahkan mungkin biaya. Membaca buku juga lebih mulia daripada berangan-angan.

Setiap pekerjaan mulia yang membutuhkan pengorbanan tentunya layak disyukuri dan dirayakan.

Merayakan keberhasilan kita menuntaskan bacaan buku tidaklah harus dilakukan dengan mengeluarkan biaya besar. Cukup diawali dengan mengucapkan alhamdulillah dilanjutkan dengan hiking atau nonton film di bioskop kesayangan Anda.

Bagi yang mampu berbahasa Arab, menuntaskan bacaan tafsir Al-Mizan karya Thabathaba'i dan Majmu al-Fatawa karya Ibnu Taimiyah mungkin dapat merayakannya dengan membeli motor baru atau jalan-jalan ke luar negeri.

Dengan merayakan setiap keberhasilan, kita akan senentiasa termotivasi untuk meraih keberhasilan-keberhasilan lainnya.

Demikian uraian-uraian singkat mengenai kegiatan-kegiatan yang bisa kita lakukan paska membaca buku. Semoga tips gemar membaca buku ini bermanfaat.

Salam Rumah Cerdas.

No comments:

Post a Comment