Perubahan perilaku anak

Perubahan perilaku anak tidak luput dari bagaimana latar belakang proses didikan anak tersebut dari kecil. Ketika di sekolah anak tersebut biasa saja bisa bersosialisasi dengan anak-anak lain berinteraksi, berkomunikasi, dan bersenda gurau. Akan tetapi, di rumah sendiri terjadi proses perubahan perilaku yang memang aneh dan membuat orang tuanya merasa kebingungan.



Anak tersebut seperti diutarakan oleh teman saya, yang menjadi keanehan anak tersebut adalah dia tidak bisa berkomunikasi langsung dengan orangtuanya padahal itu dirumah snediri. Ketika si anak menginginkan sesuatu, dia tidak bisa langsung mengutarakannya ke orangtua. Setiap kali dia mau minta sesuatu, dia berkomunikasi lewat sms.

Seperti contohnya “Mah, saya mau berangkat ke sekolah dulu!” Itu tidak dia lakukan dengan berkomunikasi langsung melainkan dia utarakan lewat sms. “Mah, sekarang waktunya bayaran sekolah!”

Hal-hal yang dia utarakan diatas tidak disampaikan secara langsung kepada kedua orang tua sendiri. Hal inilah yang disinyalir terdapat perubahan perilaku si anak, akan tetapi ketika dia diluar rumah seperti di sekolah, komunikasi dengan teman, guru, dan yang lainnya biasa saja. Hanya dirumah saja terjadi keanehan seperti diatas.

Mungkinkah anak tersebut memiliki masalah berat seperti misalnya kena kasus pelecehan oleh sang predator fedofilia namun dia tidak bisa berterus terang kepada orang tua karena rasa malu yang tinggi.

Memang kasus pelecehan anak sudah menjamur seperti oknum guru yang memiliki penyakit fedofilia (penyakit kelainan s*ksual terhadap anak dibawah umur). Jika benar terjadi kasus pelecehan anak, orang tua harus waspada dan jeli terhadap perubahan perilaku anak yang mulai murung, tidak mau menyapa, atau kalau komunikasi tidak langsung malah lewat jaringan media sosial.

Peran orang tua harus ekstra dan lebih dekat dengan anak, pendampingan selama anak dibawah umur tujuh tahun harus ekstra. Bukan tidak mempercayai guru pembimbing di sekolah, namun adakalanya manusia tidak luput dengan godaan s*tan. Oleh karena itu, marilah kita bersama-sama berhati-hati dan waspada terhadap perubahan perilaku anak.

Jaga anak kita agar tidak menjadi korban kasus fedofilia, kasus pelecehan anak, dan kasus kekerasan anak oleh oknum-oknum yang tidak bertanggungjawab.

Salam Rumah Cerdas!

No comments:

Post a Comment