Persiapan Jelang Bulan Ramadhan 1434 H

Menurut Kalender Masehi, bulan Ramadhan akan jatuh pada hari Selasa, tanggal 9 Juli 2013. Hari raya Idulfitri Jatuh pada hari Kamis, tanggal 8 dan 9 Agustus 2013. Enggak terasa waktu semakin cepat berlalu. Mudah-mudahan kita masih diberikan cukup umur untuk melakukan persiapan jelang bulan Ramadhan dan menikmati bulan suci Ramadhan tahun-tahun mendatang. Amiin..




foto bersama RC
Foto bareng Bu Siti (Guru Bimbel RC) dengan Sophi, Ilham,
Rafli, Zahra, dan Septi (foto dari kiri ke kanan)
Bulan suci ramadhan adalah bulan yang penuh berkah, rahmat, serta ampunan dari Allah Swt. Bulan yang selalu dinantikan oleh seluruh umat muslim di dunia karena di bulan tersebut:

  1. Kita ditempa selama satu bulan penuh untuk berpuasa di siang hari, menahan lapar dan haus, agar kita merasakan apa yang dirasakan oleh orang-orang yang memiliki kesulitan hidup lebih dari kita. Puasa mendidik mental agar kuat, mendidik agar kita selalu mengingat Tuhan, agar tidak sombong atau takabur. Bedanya puasa di bulan Ramadhan dengan puasa sunat lain, Puasa Ramadhan adalah Untuk Tuhan sendiri (Allah SWT), Puasa Ramadhan bukan untuk kita sendiri, tapi untuk Dia. Dan Tuhanlah yang akan memberikan ganjaran beserta pahalanya yang berlipat ganda. 
  2. Bulan Ramadhan diharuskan memperbanyak ibadah entah itu di waktu pagi, siang, sore, dan malam hari pun. Setiap langkah dan perbuatan kita selama bulan Ramadhan adalah ibadah. Mau membaca dan mengaji, membaca buku, shalat sunnah, mengajar, berdiskusi tentang Agama, dan membantu fakir miskin adalah ibadah. 
  3. Bulan Ramadhan adalah bulan seribu bulan, karena ada satu malam yang sangat dikhususkan oleh Allah, jika ada yang beribadah dan berdoa di malam tersebut, maka seribu malaikat, seribu mahluk tuhan, dan seribu bulan pun akan turut mendoakan orang tersebut. Sering disebut malam Lailatul Qadar. 
  4. Bulan Ramadhan adalah bulan penuh maghfirah (ampunan), berkah (rezeki), dan rahmat (kasih sayang) dari Allah. Setiap jiwa pasti akan mendapatkan berbagai nikmat, ampunan dosa, dan kasih sayang Allah SWT Jika mampu melewati bulan Ramadhan dengan khusyu dan penuh keikhlasan.
  5. Bulan Ramadhan mendidik umat Islam agar senantiasa selalu bersyukur, berbuat baik kepada sesama, rendah hati, menghargai sesama manusia,sering bersilaturahmi, dan mau bekerja keras.
Apa yang harus kita siapkan di bulan Ramadhan nanti? Siapkan fisik baik lahir maupun bathin kita untuk lebih mendekatkan diri kepada Sang Pencipta dan lebih khusyuk dalam beribadah.

Bermuhasabah, bertafakur, dan bertaubat hal yang baik untuk kita lakukan sebagai persiapan jelang Bulan Ramadhan.

Salam Rumah Cerdas.

No comments:

Post a Comment