Kurangi Kebiasaan Jajan Anak Kita

Kurangi kebiasaan jajan anak kita dengan membawa bekal makanan yang sehat dan tak kalah menarik dari rumah. Hal ini tentu menjadi tantangan yang cukup berat bagi para orang tua agar memiliki kreatifitas tingkat dewa untuk merubah pola tersebut.

Jika anak kita mau tumbuh sehat dan kuat dan tidak terkontaminasi makanan yang kurang sehat dari luar rumah salah satu solusinya adalah kurangi kebiasaan jajan anak. Kesehatan erat kaitannya dengan asupan makanan yang sehat. Makanan sehat adalah makanan yang sesuai dengan empat sehat lima sempurna, Nasi, lauk pauk, buah-buahan, sayur mayur, dan susu itulah asupan makanan yang bergizi.




Edukasi Makanan Sehat
Edukasi makanan sehat
harus disosialisasikan
terutama ke anak usia dini


Makan Bersama Rumah Cerdas
Makan Bersama di Rumah Cerdas
Disertai sosialisasi dan edukasi
makanan yang sehat untuk anak


Zahra
Foto Makan BersamaMenjamurnya produk-produk makanan instan, snack, gorengan, dan makanan cepat saji membuat pola makan kita menjadi tidak terkendali terutama bagi anak-anak usia dini, SD, SMP. Kebiasaan anak beli jajanan di sekolahan, beli minuman menjadi hal yang harus diperhatikan oleh kita.

Peranan orang tua disini sangat besar, kalau anak sakit perut gara-gara jajan gorengan, seblak, gehu pedas, atau makanan sejenis lainnya hendaknya harus diperhatikan. Anak-anak harus diberi tahu mana makanan yang sehat dan baik untuk tubuh mereka.

Mengkonsumsi makanan sehat harus dimulai dari diri sendiri, baru keluarga terutama anak-anak kita yang masih minim pengetahuan tentang makanan yang sehat dan baik. Peranan istri di sini sangat besar, mulai dari belanja makanan untuk dimasak, mengawasi anak supaya tidak jajan sembarangan, dan lain-lain.

Potong Kue
Memilih makanan sehat sangat gampang, yang sulitnya itu adalah menerapkan disiplin kepada diri kita untuk tidak tergiur makanan-makanan yang kelihatannya indah dan sedap dipandang, namun, ternyata kurang baik untuk kesehatan.

Pengawasan anak untuk tidak sembarangan jajan harus extra. Tehniknya Ibu harus bisa menyisihkan waktu membuat makanan yang sehat dari rumah untuk dibawa si anak ke sekolah. Atau si anak tidak diberi uang jajan sebagai gantinya mereka bawa makanan dari rumah.

Seringkali dalam perjalanannya, konsistensi itu sulit dijaga bisa karena kesibukan lain yang kita lakukan. Namun, edukasi harus terus di galakan dan disosialisasikan agar kita, keluarga, dan masyarakat terhindar dari penyakit yang membahayakan tubuh.

Setelah berbagai upaya kita lakukan, kadang kita pun suka khilap, lupa, lalai. Sangat manusiawi, yang penting kita harus selalu berdoa dan bertawakal kepada Allah SWT. Pasrahkan semua upaya kita kepada pemilik raga dan tubuh ini.

No comments:

Post a Comment