Belajar Dari Semut

Belajar itu tidak haruS di rumah atau di sekolah, belajar itu bisa dari kita melihat dan memperhatikan. Seperti belajar dari Semut yang doyan baris berbaris kaya Paskibra atau Pramuka. Adik-adik harus tahu binatang yang satu ini.



Mengapa harus belajar dari Semut? Adik-adik yang manis, hari ini kakak mau ngasih tebak-tebakan nih.. Ada yang tahu enggak, binatang apa yang suka berbaris? Ada yang bisa jawab!! Masih bingung, oke sekarang kakak kasih pertanyaan berikutnya, tapi jawabannya masih sama ko. Binatang apa yang suka berbaris dan suka bergerombol?

Foto Anak RC
Senyum lebar mereka, keceriaan mereke
adalah kebahagiaan terindah
Pasti adik-adik ada yang pintar dan sudah bisa jawab pertanyaan kakak di atas. Bagi yang masih belum bisa jawab, kakak kasih pertanyaan ketiga dan jawabannya masih sama, binatang apa yang dekat dengan kita dan suka bersalaman?

Sudah banyak yang tahu yah, pintar sekali.. Nilainya kakak kasih Seratus deh buat adik-adik. Bagi yang masih penasaran jawabannya apa, sekarang kakak punya peribahasa yang pasti adik-adik tahu. Peribahasanya seperti ini, “Ada Gula Ada ……. “

Betul sekali… Jawabannya adalah Semut. Kenapa kakak membahas Semut yah. Ok.. sekarang kakak mau jelasin kenapa kakak membahas Semut.

Semut itu salah satu dari sekian juta hewan yang telah Allah SWT ciptakan, Subhanallah yah, begitu banyak mahluk yang unik, lucu, dan aneh telah Allah ciptakan di dunia ini. Allah Swt tidak serta merta menciptakan sesuatu, pasti ada sebab akibat atau ada tujuannya mengapa Allah Swt menciptakan berbagai mahluk.

Nah, seperti semut ini, pasti Allah tidak tidak mungkin menciptakan Semut, pasti ada tujuannya, benar enggak nih? Wallohu A’alam Bissawab (Hanya Allah yang tahu yah). Kita sebagai manusia hanya bisa menduga dan menerka-nerka.

Mungkin saja, salah satu tujuan diciptakan Semut oleh Allah Swt, menurut pendapat kita nih agar manusia mau belajar dari gaya hidup Semut sehari-hari yang bisa kita lihat dan saksikan. Apa aja sih gaya hidup Semut yang suka kita saksikan sehari-hari itu? Banyak, sebagian diantaranya, menurut kakak nih dan mungkin juga sama menurut semua orang karena semua orang bisa menyaksikannya.

Ada beberapa gaya hidup semut yang bisa dijadikan pelajaran buat kita, antara lain:

    Semut suka berbaris, selalu rapi dalam berbaris. Ada yang bisa dijadikan pelajaran enggak buat kita? Yup, betul sekali, Semut mengajarkan kita untuk hidup teratur, rapi, tidak seenaknya atau bahasa kerenya tidak selonongboy. Dalam budaya antri misalnya, Semut itu tidak suka melangkahi Semut yang ada didepannya, ada yang pernah lihat enggak Semut nyusul rekannya? Kalau enggak berarti sama.

    Nah, kita sebagai manusia harus dibiasakan antri dan tidak boleh melangkahi orang lain. Jangan mentang-mentang kita Presiden, terus di jalan seenaknya, dengan dikawal polisi, kendaraan lain yang di depan harus minggir dan dahulukan dulu mobil Presiden karena ada kepentingan Negara yang mendesak. Seperti itu yah, jadi budayakan antri dan hargai orang yang sudah berada di depan kita meskipun dia itu pengamen atau nenek-nenek, jangan sekali-kali selonongboy.
    Semut suka bersalaman ketika berpapasan di jalan. Semut itu suka salaman kalau bertemu Semut lain dari arah yang berlawanan. Di sini diajarkan silaturahmi, harus selalu bertegur sapa, dan memperbanyak teman. Jangan sampai ketika bertemu dengan orang yang kenal kita, kita malah jutek, acuh tak acuh, dan bermuka masam. Nanti yang timbul malah perselisihan dan permusuhan. Awalilah dengan senyuman karena senyum itu awal dari sebuah kesan manis dan kaya hati.
    Semut suka hidup berkelompok dan kalau kita lihat nih, Semut itu suka bergerombol enggak kaya kita sekarang yang hidupnya individualiatis (sendiri-sendiri). Belajar hidup bersosial, membangun pertemanan dengan siapa pun, tanpa pandang bulu. Hidup itu akan indah jika kita mau bekerja bersama-sama, bergotong royong, dan saling menghargai dan menghormati sesama.

Sampai sini dulu deh kakak ngejelasinnya, masih banyak sebetulnya yang bisa kita tiru dari gaya hidup Semut. Bersyukur kita sebagai manusia karena Allah Swt telah memberikan begitu banyak nikmat kepada kita dan Semut adalah salah satu anugerah Tuhan yang harus kita pelajari.  Kalau adik-adik punya tambahan ide mengenai gaya hidup Semut yang bisa ditiru oleh kita, tolong share di sini yah.

Salam Rumah Cerdas.. Ganbatte!!!

No comments:

Post a Comment